Minggu, 04 September 2011

Cara Mengurangi Sakit Saat Kontraksi


Kontraksi menjelang persalinan biasanya disertai dengan perasaan nyeri, karena ketika berlangsung otot akan meregang untuk membuka jalan bagi bayi.

Tatkala terjadi, seringkali tidak ada yang mampu mengurangi rasanya, pun usapan kasih dari suami. Tetapi bukan berarti anda harus merelakan diri menerima rasa sakit tersebut. Beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit dimungkinkan, meskipun sakit rasanya tetap akan anda rasakan.

Pada Kontraksi awal usahakan bersandar pada sesuatu di dekat anda. Boleh suami, dinding, atau apapun benda yang dapat menjadi topangan. Setelah itu, duduklah pada kursi dan menghadap kebelakangnya, sehingga anda dapat menopang tangan pada sandaran.

Selain itu, anda juga dapat berlutut di lantai dengan melebarkan kaki, usahakan tetap menegakkan punggung, tumpukan beberapa bantal sebagai penopang. Setelah itu, duduklah dengan posisi mirig di antara dua kontraksi. Naikkan pantat anda agar mengurangi rasa sakit di punggung akibat kepala bayi yang semakin menekan perut.

Mintalah suami anda untuk mengurut bagian bawah perut dengan pola memutar berbentuk lingkaran. Atau tempelkan botol berisi air panas dan tempelkan pada bagian bawah perut. Sehingga rasa nyaman yang diberikan akan membuat anda santai serta berpaling dari rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar