Sabtu, 08 Oktober 2011

Take It Or Leave It


Pekerjaan memang menuntut anda untuk bekerja secara maksimal dan memberikan kontribusi melebihi batas normal. Bahkan terkadang, diluar job desk yang sedianya diberikan.

Jika demikian, pastikan pekerjaan tersebut tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku di kantor anda. Terutama pastikan bahwa pekerjaan tersebut bukanlah 'titipan' rekan kerja kantor anda.

Misalnya anda dimintai tolong untuk memberikan tanda tangan persetujuan kredit motor tetangga rekan kerja anda. Periksa berkasnya sebagaimana aturan yang berlaku di kantor. Sebab, anda tak ingin menjadi sumber kesalahan jika pada akhirnya kredit tersebut terbukti macet sementara pemiliknya melarikan diri.

Menghadapi rekan tersebut, tak perlu sungkan dan ragu. Katakan tidak dengan sikap profesional, jelaskan permasalahan yang menjadi resiko anda. Jelaskan pula aturan yang berlaku, bedakan hubungan emosional anda dengan orang tersebut dengan sikap profesional kerja.

Memberikan keleluasaan pada kasus ini dapat berimbas menjadikan rekan kerja anda terbiasa, sehingga permintaan tadi akan terus berdatangan. Pada akhirnya karir anda juga yang terancam.

Akan tetapi berbeda kasus jika sebuah pekerjaan memang dimintai oleh atasan sesuai dengan peraturan kantor tetapi diluar job desk. Terimalah dengan tangan terbuka, dan bersikap profesional.

Akan tetapi ingatlah, bahwa anda bukan manusia super, yang mampu melakukan semuanya sendiri. Sadari batasan anda, janganlah melakukan suatu pekerjaan demi mengejar prestasi semata dengan meraih kuantitas kerja, tetapi melupakan kualitas pekerjaan anda.

Mengembangkan karir bukan berarti anda harus menjadi budak perusahaan, karena jika anda selalu menerima pekerjaan tanpa melakukan evaluasi kemampuan pribadi, bukan karir anda yang berkembang tetapi resiko kehilangan pekerjaan. Karenanya terima tugas tersebut jika memang anda merasa mampu mengerjakannya secara maksimal, atau tinggalkan tugas tersebut dan jelaskan ketidakmampuan anda secara profesional.

Pastikan anda selalu bersikap proaktif dalam menyelesaikan semua kepentingan perusahaan, termasuk membantu menyelesaikan pekerjaan di luar job desk demi kesuksesan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar