Sabtu, 08 Oktober 2011

Terapi Khusus Memandikan Bayi


Memandikan bayi tentu berbeda dengan memandikan diri, kulit bayi dan tulangnya masih membutuhkan banyak adaptasi, sehingga perlu perhatian khusus dengan mereka.

Tuangkan air dingin ke dalam bak mandi, kemudian tambahkan air panas secukupnya sampai mencapai suhu 40 derajat Celsius sampai bayi berumur 2 bulan, lalu berangsur turunkan suhu sampai 27 derajat Celsius untuk bayi di atas 2 bulan. Usahakan ketinggian air kira-kira 7,5 cm dari dasar bak.

Untuk bayi yang baru lahir, sebelum anda masukan kedalam bak, bersihkan terlebih dahulu kedua matanya dengan kapas yang telah direndam air matang. Bersihkan mata bayi dari ujung mata ke arah hidung, Gunakan kapas yang berbeda untuk masing-masing mata. Berhati-hatilah, jangan sampai terlalu banyak air teresap kedalam matanya.

Bersihkan pula lubang hidung si kecil secara perlahan-lahan dengan korek kuping yang telah terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air bersih. Gantilah kapas untuk masing-masing lubang hidung. Ingatlah, jangan memasukkannya terlalu dalam.

Kemudian bersihkan daun telinga si mungil juga dengan korek kuping yang telah diberi baby oil. Jangan dimasukkan ke dalam lubang telinga, bersihkan bagian luar telinganya saja.

Bersihkan alat kelamin dan pantat bayi dengan kapas bulat yang sudah dibasahi air. Jangan abaikan setiap lipatannya. Kemudian mulailah menyabuni rambutnya serta seluruh badan bayi, terutama lipatan-lipatan kaki, paha, tangan serta lehernya dengan menggunakan sabun bayi.

Ukur kembali suhu air dalam bak mandi. Angkatlah si kecil dan masukkan ke dalam bak mandi, baru mulailah basuh seluruh tubuhnya dengan air dan biarkan buah hati anda bermain dalam air kira-kira 2 hingga 5 menit.

Bila sudah cukup besar, berikan mainan agar acara mandi semakin menyenangkan.

Untuk membersihkan bagian belakang tubuhnya, balikkan badan si kecil, kemudian sanggah badannya dengan tangan kiri anda dan pegang erat-erat ketiaknya. Lalu dengan tangan kanan, bersihkanlah punggungnya.

Setelah acara mandi selesai, angkatlah tubuh si kecil dari dalam air, lalu bungkuslah tubuhnya dengan handuk. Sambil mengajaknya bercengkrama, keringkan tubuh bayi dengan cara memberi tekanan lembut kepada handuk bayi ke tubuhnya.

Setelah tubuhnya kering, taburkan bedak bayi di dada, perut dan punggungnya, agar tubuhnya wangi dan segar. Perhatikan setiap lipatan dan lekukan khususnya di sekitar kelaminnya.

Terakhir, pakaikan popok dan baju bayi, lalu sisirlah rambutnya dengan sisir khusus untuk rambut bayi. Bila cuaca mengijinkan, ajakan si kecil jalan-jalan atau berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar