Kamis, 08 September 2011

Bercinta ..... dibutuhkan juga di Usia Senja


Jika usia telah memasuki 40 tahun, biasanya anda sudah mengalami menopause. Pada masa ini, produksi hormon estrogen akan menurun, dan haid pun akan berhenti. Selain itu, menopause dibarengi dengan menurunnya kondisi fisik wanita seperti kulit menjadi kendur, tidak kenyal, payudara tidak sekencang dulu dan menipisnya selaput lendir vagina.

Menipisnya selaput lendir vagina ini menimbulkan efek terasa sakit bila berhubungan intim. Karena trauma rasa sakit itu, banyak wanita yang menolak bila diajak berhubungan intim.

Lantas kenapa berhenti berhubungan seks, padahal anda juga rindu kenikmatan 'langit ketujuh' itu dapat anda rasakan kembali.

Kendati sudah memasuki usia senja bukan mustahil bagi anda untuk dapat berhubungan seksual dengan aman dan menyenangkan. Sebagaimana umumnya hubungan, kunci setiap pasangan hanya komunikasi, jadi saling mengerti kondisi masing-masing.

Tetaplah jaga rasa percaya diri anda, dan fokus melihat akar permasalahan yang membuat anda menghindari berhubungan intim. Jika anda melihat bahwa menjadi muda merupakan jalan keluar, sadarlah dan hentikan pikiran tersebut. Terima kenyataan bahwa anda memang sudah berusia lanjut, dan hadapi fase ini.

Tetaplah untuk melakukan eksperimen, kenali kembali daerah-daerah rangsangan anda. Jika mungkin, cobalah berbagai variasi yang memang belum pernah anda coba sebelumnya. Perkembangan waktu juga berarti munculnya berbagai gerakan baru, namun patut diingat untuk menyesuaikan dengan kondisi kesehatan anda.

Lupakan data-data statistik yang menyatakan bahwa sekian banyak perempuan menopause tidak lagi dapat berhubungan. Dalam berhubungan intim tidak berlaku angka normal statistik. Selain itu, data tersebut hanya menambah rasa ketakutan anda. Semua bergantung dari tingkat kesehatan dan tingkat aktivitas sehari-hari. Yang pasti jangan sampai ada unsur paksaan dan terpaksa.

Serta jangan lupakan untuk senantiasa mencari pengobatan. Kalau memang anda mengalami keluhan-keluhan seperti terasa sakit saat berhubungan intim, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi ke ahlinya.

Tetaplah yakin bahwa berbagai hambatan memiliki seribu pintu keluar, asal anda sabar dan mempunyai keinginan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar