Minggu, 04 September 2011

Terapi Rambut


Setiap perempuan pasti ingin memiliki rambut yang indah dan bersinar. Tetapi terkadang salah dalam perawatan akan mengakibatkan rambut menjadi rusak, rontok dan kering. Tentu saja hal ini tidak ingin dialami oleh anda khan? Untuk itu, simak beberapa langkah perawatan untuk melindungi rambut secara sempurna, dibawah ini :

Hindari paparan sinar matahari, klorin dan air laut yang berlebihan. Karena sinar matahari akan membuat rambut anda menjadi rapuh. Lindungi rambut dengan topi atau pelembab rambut yang mengandung tabir matahari setelah berenang atau olahraga.

Janganlah menyisir rambut dengan cara menarik rambut. Gunakan sisir yang jarang untuk membereskan rambut yang kusut dan mulailah dari ujung rambut. Sisir yang terbuat dari metal akan merusak batang rambut yang lembut.

Pilih shampo sesuai dengan jenis rambut. Janganlah anda ragu mengganti shampo bila memang tidak cocok. Yang perlu anda perhatikan adalah menggunakan produk perawatan rambut atas lisensi dari depkes. Pilihlah shampo yang memiliki bahan pembersih yang lembut agar menghilangkan kotoran di kulit kepala tanpa menimbulkan iritasi pada kulit kepala dan membuat rambut tetap kuat, seperti Dove Hair fall therapy shampoo.

Cuci rambut di bawah kucuran air yang tidak terlalu keras dengan suhu yang sesuai. Air yang terlalu panas dapat membakar kulit kepala dan merusak rambut. Basahi rambut sebelum di shampo dan gosok kulit kepala dengan lembut dan rata.

Janganlah anda menggaruk-garuk kepala dengan kuku atau sisir plastik. Karena hal ini akan membuat kulit kepala kemerahan, sakit dan merusak rambut. Saat anda mencuci rambut sebaiknya bilaslah hingga bersih karena shampo yang tertinggal akan mengundang datangnya ketombe.

Setelah anda menggunakan shampo, sebaiknya kenakan juga conditioner pada rambut yang bersih. Pemilihan conditioner yang tepat juga ikut berperan dalam perawatan rambut. Dengan formula strengthening serum akan mengembalikan kekuatan dan kelembutan rambut. Karena formula ini mampu bekerja di titik rentan dan kering rambut, seperti Dove Hair fall theraphy conditioner. Usapkan conditioner dari mulai puncak rambut hingga ujung rambut.

Langkah terakhir adalah menggunakan conditioner leave on. Formulasi yang ringan dan tanpa rasa lengket akan menghaluskan rambut secara instan sehingga melindungi serta mengurangi rambut patah pada saat anda menyisir rambut, seperti Dove Hair faal theraphy combing serum. 

Sebelum menggunakan, keringkan rambut secara alami (tanpa hairdryer), teteskan 2-3 tetes di telapak tangan. Ratakan serum di telapak tangan dan usapkan serum mulai dari puncak kepala (bukan ujung rambut) sampai ke ujung rambut. Sisir rambut anda setelah menggunakan serum untuk meratakan serum ke seluruh rambut. 

Dengan rangkaian tersebut, anda tidaklagi merasa gatal pada bagian kulit kepala dan rambut terlihat lebih sehat. Selain itu, konsumsilah makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan rambut. Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan, sayur yang mengandung vitamin A, E, B kompleks, protein, zat besi dan yodium. 

Menyisir rambut sebelum tidur hanya akan menimbulkan stimulasi terhadap produksi sebum dan dapat merusak rambut serta membuat rambut anda menjadi rapuh. Jadi, jika ingin memiliki rambut yang sehat dan indah, mulailah dengan melakukan perawatan secara tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar