Minggu, 04 September 2011

Busana Yang Sesuai untuk Wawancara Kerja


Seringkali kita bingung menentukan apa yang akan kita kenakan dalam sebuah wawancara kerja. Apakah pakaian kita terlalu formal, atau terlalu santai? Bagaimana jika warna ini terlalu mencolok? Atau haruskah saya pakai rok atau celana panjang? 

Sesungguhnya tidak ada aturan baku mengenai pakaian yang cocok anda kenakan saat wawancara kerja, karena aturan dasarnya ialah sopan dan sesuai dengan kaidah yang berlaku umum.


Namun ada beberapa hal kecil yang seringkali kita pakai dan justru menjadi nilai kurang di mata perusahaan :

Usahakan tidak membawa tas punggung atau jinjing, bawalah tas kerja sehingga kita terlihat sangat serius untuk menjadi bagian dari perusahaan. Ingatlah untuk selalu menyimpan headphone kita di dalam tas, jangan biarkan bergelantungan di leher. Pun matikan telepon genggam!

Usahakan memilih rok daripada celana panjang, pun pakai rok yang menutupi paha kita ketika duduk. Hal ini akan membuat kita tidak tampak murah dihadapan atasan.

Lupakan riasan yang tebal, usahakan tetap tampak alami. Hal ini juga berlaku untuk kuku jari kita, jagalah agar tidak terlalu panjang serta gunakan warna yang tidak mencolok.

Tanggalkan semua aksesori yang melekat pada wajah, juga jangan gunakan lebih dari satu pasang anting. Tanamkan dalam pikiran kita, bahwa kita bukan sedang mengekspresikan diri.

Karena tentu kita tidak ingin pakaian yang kita kenakan menjadi bahan pembicaraan dalam wawancara kerja tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar