Sabtu, 17 September 2011

Ternyata Jawaban Anda Menentukan Nasib Perusahaan


Percaya tak percaya, ketrampilan menjawab telepon merupakan hal penting dalam kesuksesan bisnis. Hingga kini telepon, masih jadi alat utama dalam kebanyakan bisnis untuk membuat hubungan dengan para langganan. Dan cara anda menjawab telepon di perusahaan anda akan jadi bentuk kesan pertama dari pelanggan.

Maklum, inilah jalinan komunikasi yang menentukan berhasil tidaknya anda untuk membujuk orang. maka jawab semua panggilan telepon sebelum dering ke tiga. Anda tak mau orang yang berada di penghujung saluran menjadi tidak sabar dan emosinya meluap.

Saat anda menerima telepon, usahakan selalu dengan suara yang hangat dan penuh antusias. Nada suara anda yang ditangkap akan jadi salah satu kesan bagi pelanggan, sambut penelepon dengan sopan dan jangan lupa sebutkan nama serta perusahaan anda.

Ucapkan setiap kata dengan jelas, pertahankan suara anda tetap lembut, dan bicara perlahan serta sejelas mungkin saat anda sedang menjawab telepon, sehingga penelepon dapat menangkap ucapan anda dengan mudah dan memahaminya.

Aturlah pengunaan bahasa secara baik, utamakan untuk menjawab dengan bahasa formal yang mampu dimengerti secara umum. Jangan sekali-kali menggunakan bahasa keseharian.

Selalu tanyakan pada penelepon, apakah tak keberatan untuk menunggu sejenak saat anda menyambungkan dengan orang yang dituju, dan jangan melupakan orang yang menunggu tersebut, jika saat disambungkan ternyata orang yang dimaksud tidak ada, pastikan kemana orang tersebut pergi, sebelum kembali bertanya apakah penelpon mau meninggalkan pesan atau menghubungi lagi beberapa saat.

Ingatkan penelpon anda akan menyampaikan kepada orang yang dituju bahwa orang tersebut menghubungi, bahkan ketika penelpon tidak memintanya. Jika penelpon memberikan pesan, tuliskan pesan dari penelepon dengan lengkap dan benar. 

Jika ada sesuatu yang anda kurang pahami atau tidak tertangkap pesan ang diberikan, mintalah dengan sopan untuk mengulang kembali. Dan pastikan pesan tersebut sampai pada yang dituju.

Pastikan panggilan telepon bisnis anda dijawab dalam setiap deringan dan dijawab dengan cara yang profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar