Kamis, 08 September 2011

Keputihan


Untuk perempuan, keputihan memang tidak mengurangi kecantikan tubuh. Namun sangat mengganggu dan tidak membuat anda tenang. Terutama untuk kesehatan. Tetapi tak sedikit juga yang bingung mengatasinya, maklum keputihan erat hubungannya dengan menjaga kebersihan selain dapat kambuh setiap waktu. 

Mulailah untuk lakukan sedikit perubahan, jika anda lebih senang berendam dalam bak mandi, mungkin kini saat tepat mengubahnya menjadi shower, serta selalu gunakan celana dalam berbahan katun, agar lebih menyerap keringat. 

Kemudian “pastikan infeksi anda akibat bakteri,” kata Steven Sondheimer, M.D., profesor obstetri dan ginekologi di University of Pennsylvania, Amerika Serikat. 

Kunjungan ke dokter dapat mendeteksi apakah anda menderita bacterial vaginosis, penyakit menular kelamin (seperti trichomoniasis atau chlamydia), atau reaksi alergi terhadap produk tertentu. Bila penyebabnya diketahui, bekerjasamalah dengan dokter untuk mengembalikan keseimbangan tubuh.

Kadar gula darah yang tinggi juga dapat memicu infeksi, oleh karena itu berdiet dan berolahraga merpuakan solusi paing efektif. Bila kadar gula darah anda normal, ingatlah untuk selalu membatasi asupan gula.

Fluktuasi hormon tepat sebelum haid merupakan penyebab yang umum. Mengganti alat kontrasepsi bisa juga menolong. Alat kontrasepsi yang bisa melepaskan hormon estrogen dan progesteron secara perlahan, misalnya, bisa meningkatkan jumlah bakteri ‘baik’ dalam vagina, dan mengusir yang jahat.

Selain itu, anda dapat menggunakan Terazol, obat yang dimasukkan ke dubur dan/atau krim yang lebih kuat dari jenis yang dijual bebas, tetapi ingatlah untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Pemakaian obat antijamur selama seminggu (semacam Diflucan) untuk mencegah kemungkinan kambuh, atau pengobatan dengan boric-acid juga dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan pH tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar