Jumat, 09 September 2011

Pekerjaan Perlu Dipertahankan


Dunia saat ini mengalami krisis, seperti kita ketahui, kenyataannya lebih banyak pemberhentian kerja daripada perekrutan. Maka saat ini tidak cukup jika anda hanya memiliki pekerjaan, tetapi anda juga harus mempertahankannya. 

Sebagaimana umumnya, mempertahankan sesuatu lebih berat daripada meraihnya, maka anda perlu melakukan pengorbanan. Mulailah untuk mengajukan diri dalam beberapa proyek khusus, meskipun diluar beban kerja anda, ambil sedikit tanggung jawab lebih.

Misalnya berabunglah dalam panitia pesta akhir pekan perusahaan, dan menjadi lebih dikenal selain menjadi lebih berharga bagi atasan. hal ini bukan berarti anda rajin mengambil jam kerja tambahan (lembur) untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, cukup mengatur jam kerja yang sudah ada.

Gali keahlian anda sendiri sekaligus lihat apa kekurangan rekan kerja anda, mulailah mencari tahu lebih banyak tentang apa yang sebelumnya anda belum ketahui. Dengan cara ini anda dapat memberikan masukan yang sesuai dengan target perusahaan, sehingga pada saat yang bersamaan anda menunjukan pemikiran yang lebih maju sekaligus membedakan diri dari rekan kerja anda.

Ingat selalu untuk melatih kemampuan berkomunikasi, karena pemikiran yang brilian serta kecerdasan, tanpa didukung oleh kemampuan yang memadai untuk menyampaikannya akan meghilangkan maksud dari pesan anda. Selain itu, kemampuan berkomunikasi bukan hanya mempertahankan pekerjaan anda, tetapi juga membuat anda dipromosikan.

Kesadaran selalu menjaga diri juga diperlukan untuk mempertahankan pekerjaan. cobalah untuk lebih terlihat dengan cara mengurangi berbicara, buatlah keberhasilan menyelesaikan pekerjaan serta penghargaan diketahui.

Oleh karena itu, selalu bersikap waspada dan mengikuti perkembangan perusahaan, periksa situs perusahaan serta jaringan internal, mungkin saja ada kesempatan promosi jabatan dan ada tentu tak ingin melewatkannya. Untuk itu, tetaplah menjalin hubungan dengan siapapun, meski orang tersebut bukan rekan kerja satu ruangan.

Tak ada jaminan bahwa anda tidak akan kehilangan pekerjaan, karena itu tetaplah mencari. Akan tetapi ingatlah, jika anda dapat menjual diri anda kepada perusahaan lain, berarti anda semestinya dapat menjual diri anda kepada perusahaan anda saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar