Sabtu, 17 September 2011

The Right Way To Clean Skin


Sering membersihkan wajah tapi jerawat masih saja hinggap di wajah anda? Mungkin anda tidak menyadari bahwa langkah-langkah yang anda lakukan untuk membersihkan wajah ternyata kurang tepat. Berikut ini ada cara membersihkan kulit dari semua kotoran dan make-up yang mencegah tersumbatnya pori-pori kulit sehingga mampu merangsang sirkulasi serta memperbaiki warna kulit. 

Oleskan susu pembersih (cleansing milk) secara merata ke wajah. Ambil kapas lembut khusus untuk wajah, basahi sedikit dengan air dan peras. Saat menghapus kotoran dengan susu pembersih, lakukan dengan hati-hati. Tindakan yang sembrono, seperti pengusapan kapas yang terlalu ditekan atau terlalu tergesa-gesa dapat menimbulkan gangguan pada kulit. 

Gangguan tersebut adalah peregangan kulit yang berlebihan yang dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah kapiler dan akan merangsang produksi kelenjar sebacea, sehingga dapat mengganggu kelenturan kulit dan merusak komponen penyangga jaringan kulit. Selanjutnya gunakan penyegar yang bermanfaat untuk menghilangkan sisa minyak yang ditinggalkan oleh bahan pembersih, membantu pori-pori untuk menutup kembali, serta memperbaiki tekstur kulit.

Menguapi wajah. Taruhlah herbal kering atau kantong teh atau beberapa tetes minyak esensial aromaterapi di wadah besar yang sudah diisi air panas. Letakkan wadah tersebut di atas meja.

Duduklah yang nyaman dan hadapkan wajah anda ke permukaan wadah tersebut. Bentuklah 'tenda' dengan membungkus handuk sekitar kepala dan sekaligus menutupi wadah tersebut. Aturlah wajah anda berjarak kira-kira 30 cm dari wadah tersebut. Pejamkan mata dan nikmati uap sambil rileks.

Biarkan uap meresap ke wajah anda selama 10 - 15 menit (untuk kulit berminyak), kira-kira 3 - 5 menit (untuk kulit kering). Setelah diuapi, percikan air dingin ke wajah, dan keringkan dengan handuk bersih. Tapi jika anda memiliki kulit normal, gunakan minyak esensial chamomile, lavender. Untuk kulit berminyak, bisa digunakan minyak peppermint cypres, tea tree, dan bergamot. Untuk kulit kering, gunakan rosemary atau minyak cendana.

Sedangkan anda yang memiliki kulit sensitif atau pembuluh darah kapiler yang kecil yang kelihatannya seperti rambut tipis, jangan menggunakan masker panas atau facial panas. Sebelum mencobanya, konsultasikan terlebih dahulu dengan terapis kecantikan anda.

Jika menggunakan minyak-minyak esensial di samping herba-herba kering atau teh, biarkan sejenak air mendidih (sebanyak 2 gelas) dalam wadah sampai sedikit berkurang panasnya sebelum Anda membubuhkan 3-5 tetes minyak esensial ke dalam wadah tersebut, agar minyak tidak terlalu cepat menguap.

Lanjutkan perawatan wajah dengan menggunakan masker. Caranya adalah dengan mengoleskan masker wajah untuk membersihkan pori-pori kulit sampai ke dalam. Duduk dengan tegak dan nyaman. Sambil menunggu masker mengering kira-kira 15 - 20 menit, anda bisa membaca buku atau mendengar musik. Angkat masker dan segera bersihkan wajah dengan air dingin.

Segarkan wajah dengan toner herba atau herbal astringent. Lembabkan wajah, caranya pijat-pijat wajah dengan krem, minyak ringan atau lotion. Pastikan bagian leher anda tidak terlewat. Pelembab dapat dicampur dengan minyak esensial chamomile, lavender dan shea butter. Anda bisa masukkan tiga tetes minyak esensial chamomile atau lavender pada pelembab anda dan oleskan pada wajah. Tambahkan lagi tiga tetes minyak esensial favorit anda pada shea butter dan oleskan pada bibir.

Jadi jika ingin memiliki wajah bersih, sehat dan segar, lakukan perawatan wajah yang tepat agar hasilnya maksimal. Believe it or not, just do that treatment and prove it.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar